Sabtu, 03 Desember 2011

Arva School of Fashion Gelar Peragaan Busana Second Earth

Arva School of Fashion Gelar Peragaan Busana Second Earth

E-mail Cetak PDF
berita2.com (Surabaya, Jawa Timur): Arva School of Fashion menggelar peragaan busana tahunan. Event ini merupakan ke-16 kali yang berlangsung di Gramedia Expo, Surabaya, pada Jumat (21/10/2011) Peragaan busana ini didukung oleh 42 model.
Menurut Aldina Noviyanti dari Arva, dalam event tersebut, digelar Costume Parade, Graduate’s Collekciton Show, Land of the Goddes, Summer Garden dan peragaan prestasi. Untuk Costum Parade mengambil tema Second Earth. Second Earth menggambarkan suasana ketika bumi menjadi jenuh dan rusak. Umat manusia segala bangsa lalu berpindah ke ‘Bumi Kedua” yang jauh di luar angkasa.
Costume Parade menampilkan karya 64 siswa-siswi semester I yang sumber inspirasinya adalah busana etnik berbagai bangsa (Earth Tribes). Didahului dengan 10 busana karya finalis Junior Fashion Designer Competition (JFDC) yang merancang baju Earth Army.
Graduate’s Collection Show menampilkan karya 36 siswa yang menyelesaikan masa pendidikan setahun dengan menyajikan koleksi busana sebagai karya akhir mereka. Ada empat garis besar Trend S.S 2012 yang menjadi tugas mereka yaitu Perfect Decay, Iconography, Retro Future dan Patternation.
Perfect Decay mengambil ide interior bergaya kontemporer yang berciri percampuran antara material – material yang kusam. Ide ini diterjemahkan 9 siswa dalam koleksi busana kantor. Sedangkan Iconograohy merupakan koleksi yang identik dengan gaya urban pada dekade 60an -80an. Sebanyak 10 siswa bermain dalam warna – warna pop art pada koleksi mereka.
Berkembangnya gaya arsiteksur bangunan yang brutal pada era 50an menjadi ide dari koleksi 8 siswa dalam Retro Future. Mereka menerjemahkan ide tersebut dalam pola – pola yang rumit pada setiap busana dari koleksi mereka.
Kemudian Patternation yang merupakan percampuran warna dan motif sebagai benang merah dari koleksi ke 9 siswa dalam sub-tema ini. Unsur – unsur dari benua Africa membawa pengaruh besar pada koleksi mereka. Masing masing siswa mendesain 30 outfits dan mewujudkan tiga outfits yang muncul bergantian selama peragaan berlangsung.
Sementara itu Land ot The Goddess menampilkan gaun gaun cantik karya akhir siswa Program Satu Tahun dalam Pattern Making. Ada 12 gaun yang terinspirasi oleh dewi - dewi dalam mitologi Yunani kuno dalam warna - warna logam keemasan bergaya sederhana dan klasik, melayang saat dipakai para model.
Koleksi busana Summer Garden biasanya disebut Summer Dress yang ringan dan sederhana untuk dipakai pada musim semi dan sepanjang musim panas. Namun kali ini seluruh gaun dibuat dengan teknik corset dress sehingga hasilnya adalah gaun - gaun cantik yang pas membalut tubuh.
Dalam peragaan prestasi, ditampilkan prestasi yang berhasil diraih siswa - siswi Arva sepanjang 2010-2011. Mereka merebut banyak kejuaraan lomba desain antara lain Palm Award 2010 dan Surabaya Fashion Parade 2011.
Palm Award 2010 merupakan lomba yang diadakan oleh Plaza Senayan dan siswa Arva, Josephine Aristantia dan Zenny Dharma Sukrisno, berhasil memenangkan Juara 1 dan 2. Sedangkan Surabaya Fashion Parade 2011 melombakan beberapa kategori. Untuk kategori Avant Garde diraih Yonatan Digo. Kategori Young Fashion Designer diraih Melissa Juanita dan Yonatan Digo. Untuk kategori Fashion Designer Award diraih Lianawati, Irma yunita, Grace Budiawan, Catherine Wong dan Lydia Corazon. (natalia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar